"Menginspirasi Dunia dari Bali" (inspiration world from island of gods)

Segera adakan pesamuan Madya, Jro Komang Widiarta ST selaku KETUA PBMM (Pratisentana Bandesa Manik Mas) kabupaten Badung masa jabatan 2020 sampai dengan 2025 segera akan adakan Paruman Madia PBMM BADUNG sebelum masa jabatan berakhir

Bali,Badung-1.06.2024-Segera adakan pesamuan Madya, Jro Komang Widiarta ST selaku KETUA PBMM (Pratisentana Bandesa Manik Mas) kabupaten Badung masa jabatan 2020 sampai dengan 2025 segera akan adakan Paruman Madia PBMM BADUNG sebelum masa jabatan berakhir.

Pada tanggal 1 Juni 2024 yang bertepatan dengan hari KESAKTIAN PANCASILA para pengurus PBMM kabupaten dan kecamatan yang ada di Kabupaten Badung mengadakan rapat bertempat di daerah Kuta yang merupakan rumah/Jeroan Jro Mangku Wayan Sukrayasa salah satu pengurus PBMM Badung.


Dalam pembahasan rapat tersebut dipimpin oleh sekretaris PBMM Badung I Nyoman Camang,ST. dan menyampaikan tujuan rapat untuk berkoordinasi membahas persiapan pelaksanaan pesamuan Madya PBMM Badung yang akan di adakan pada bulan Agustus 2024
Pada acara rapat tersebut juga ada 2 lagi bahasan yang di bahas, yaitu tentang pembuatan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) PBMM Badung dan tentang nyanggra penganyaran Piodalan Ngenteg Linggih dan Tawur Balik Sumpah di Pura Pedarman Bandesa Manik Mas yang berada di kawasan Pura besakih pada tanggal 27 Juni 2024.
Ketua PBMM Badung Jro Komang Widiarta ST, menyampaikan bahwa ,”selogan PBMM BADUNG SALING ISI SALING GISI yang bermakna saling memberi dan saling berpegangan tangan dengan saudara untuk mempererat persaudaraan atau pesemetonan Pratisentana Bendesa Manik Mas di seluruh kabupaten Badung.dapat di aplikasikan dan di gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita berlomba untuk saling memberi terhadap semeton dan tetap berpegangan tangan baik dalam keadaan suka maupun duka. Jangan tonjolkan perbedaan tapi mari kita bersama karena ada dasar utama persamaan di antara kita, bahwa kita ngankenin (mengakui) diri kita adalah Trah Bandesa Manik Mas.
Beliau (ketua PBMM Badung) juga menegaskan agar kita menyadari bahwa organisasi PBMM ini adalah organisasi sosial yang kita persembahkan kepada leluhur (ida Betara Kawitan) dan saudara kita yang di bawah naungan Pratisentana Bendesa Manik Mas (PBMM)


Maka dari itu marilah kita lakukan dengan semangat ngayah dengan landasan tulus dan iklas untuk memberikan waktu, tenaga, pikiran dan bahkan biaya untuk menjalankan organisasi ini agar tercapai target program yang sudah di tetapkan.
Kalo bukan kita siapa lagi yang akan memikirkan Generasi penerus kita, khususnya generasi penerus trah Bandesa Manik Mas yang ada di Kabupaten Badung.,”
Ketua PBMM Badung Juga berharap agar Kebangkitan semeton PBMM kabupaten Badung juga diiringi dengan rasa persatuan dan kesatuan yang kuat agar “PBMM Badung bener-bener kompak dan bersatu Saling Isi Saling Gisi.”


Pada bahasan pertama dalam rapat tersebut, Dengan semangat dan gotong royong kebersamaan pengurus kecamatan Kuta di bawah pimpinan Jro Mangku Wayan Suwita melalui penasehat PBMM Kuta I Wayan Wasista yg juga mantan Bandesa Adat kuta menyampaikan akan menghaturkan ayah-ayahan berupa penabuh Gong, Topeng wali, Tari rejang beserta lengkap dengan rentetan upakara/bantennya pada saat penganyaran, Untuk melengkapi kegiatan penganyaran tersebut Ketua PBMM Kuta Utara I Gede Putu Surya Semara Putra SH juga menghaturkan ayah-ayahan penabuh gender dan dalang wayang yang di lengkapi banten upakaranya oleh I Ketut Somia Ketua PBMM dari Kecamatan Abiansemal.

Pada bahasan ke dua untuk pembuatan SKT sepenuhnya ditugaskan kepada I Ketut Sulendra SH yang di kenal denga julukan Pak Anom yang berasal dari Kuta Selatan, dan di minta untuk berkoordinasi dengan semeton yang ada di Puspem Badung untuk segera menyelesaikan SKT yang di maksud dan diberikan batas akhir untuk selesai di akhir bulan Juni 2024.
Pelaksanaan rapat dihadiri oleh salah satu penasehat PBMM Badung Dr. Drs. I Gede Rudia Adi Putra, M.ag yang juga menjadi Ketua PHDI kabupaten Badung, Beliau juga memberikan motivasi dan semangat kepada kita semua khususnya semeton PBMM Badung untuk tetap teguh dengan jati diri dan jangan goyah dengan iming-iming beragama hindu yang murah dan mudah yang tidak menggunakan sarana upakara tandasnya. Kita sudah ditinggalkan warisan yang luhur adiluhung oleh para leluhur kita, mari kita lestarikan dan jalankan dengan baik, niscaya kebahagiaan lahir dan batin dapat tercapai dari karma baik yang kita tanam.

Bahasan rapat yang ketiga adalah pembentukan Panitia rencana kegiatan pesamuan Madya Prati Sentana Bandesa Manik Mas Kabupaten Badung yang akan di adakan pada bulan Agustus 2024
Secara aklamasi pada rapat tersebut terpilih sebagai ketua panitia adalah Dr. Drs. I Gede Rudia Adi Putra, M.ag sebagai sekretaris I Wayan Wasista dan sebagai bendahara di tunjuk I Nyoman Dama yang selanjutnya akan dibahas dalam rapat terpisah dan akan dilengkapi dengan bidang-bidang yang diperlukan pada struktur kepanitiaan.
Sebelum rapat ditutup, dalam rapat tersebut, Ketua PBMM Badung Jro Komang Widiarta ST menegaskan agar ,”paruman madya dapat terselenggara dengan baik dan lancar, Agar benar-benar dimatangkan dengan baik, saling kerjasama, saling berkoordinasi antar tokoh, pengurus Kabupaten, pengurus kecamatan sampai ke pengurus desa.”

Beliau juga mengapresiasi kegiatan rapat yang sudah berjalan lancar dan mengucapkan terimakasih atas peserta rapat yang sudah meluangkan waktu untuk hadir,dengan harapan apa yang dihasilkan dalam rapat tersebut dapat tersosialisasikan kepada semua semeton PBMM di Kabupaten Badung.bali-inspirasi.com